Senin, 18 Maret 2013

PISANG DAN KESEHATAN



Pisang (Musa acuminata) atau dalam bahasa inggrisnya BANANA merupakan buah yang tidak asing dikalangan masyarakat indonesia, karena memang pisang merupakan buah yang sangat merakyat. Selain mudah didapat (karna jumlahnya yang melimpah), pisang juga memiliki harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp. 15.000/sisir.

Untuk lebih mengenal lagi tentang pisang klik di sini aja 



Walaupun buah yang satu ini tampak sepele ternyata memiliki mamfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.


Berikut beberapa mamfaat dari buah pisang


1. Menghaluskan Kulit                                                                                                                            

Bagi kaum hawa yang punya masalah dengan kulit (kulit wajah, tangan, dsb) atau pengen kulitnya kelihatan lebih halus seperti artis dibawah ini tidak ada salahnya mencoba coba resep yang satu ini.

Jessica iskandar

Pertama : blender pisang hingga membentuk bubur. Lalu bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, kemudian dioleskan pada wajah dan bagian kulit lainnya setiap hari secara teratur selama 30-40 menit.Setelah itu basuh dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin atau es

Bila metode diatas anda ulang selama 15 hari, maka akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit. Try it :)




 2. Mengatasi Ambeyen                                                                                                                            


"Apakah anda merupakan orang yang punya penyakit wasir atau ambeien? 

Pisang ambon bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya, caranya : 1 buah pisang ambon di blender dan ditambah dengan susu murni sebanyak satu gelas. Minum 3 gelas sehari secara teratur selama seminggu."



Pisang ambon dapat mengobati wasir karena mengandung pektin dan serat larut yang dapat membantu menormalkan pencernaan , seperti dilansir dari Fit Sugar. Selain itu pisang ambon juga merupakan sumber makanan yang kaya kalium dan sangat membantu untuk mengurangi selulit. Hal ini terjadi karena kalium membantu mengurangi retensi air yang dapat menjadi penyebab utama wasir.

Mungkin karna ini ya monyet ngk pernah kenak ambeyen :D




3. Menenangkan Perut                                                                                                                            


Jika kamu merupakan orang yang seringkali bermasalah dengan perut (mulas) pada pagi hari. Anda bisa mengkonsumsi pisang untuk meredakannya. Karena pisang memiliki sifat antacid yang bisa mengatasi sakit perut. 




4. Mengatasi Stress                                                                                                                                 

Stress merupakan hal yang normal dialami oleh manusia. Stress dapat terjadi karena beban/ tanggung jawab yang banyak atau dapat juga terjadi karena masalah sosial.


Namun jangan sampe stress menghambat aktifitas anda, karena stress dapat membuat sebuah peluang besar menjadi sebuah kesulitan.

Ternyata pisang juga dapat mengatasi stress. Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung mengandung 2 senyawa yang bisa menenangkan pikiran yakni dopamin dan serotonin. Keduanya merupakan senyawa pengendali mood atau suasana hati yang secara alami juga diproduksi di otak

Selain itu pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan fungsi otak dan saraf, sehingga dapat membuat sarat yang tegang menjadi rileks kembali.


So buat kamu yang sering mengalami stress ngk ada salahnya mengkonsumsi pisang :D




5. Mengatasi Kram                                                                                                                                

Pisang kaya akan kalium. Kalium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Asupan kalium sangat  penting untuk membantu mengatasi kram otot dan kelelahan.


2 komentar:

  1. selain untuk kesehatan, buah pisang juga dapat mengenyangkan perutyang lapar, pokoknya banyak lah manfaatnya

    BalasHapus